Tuesday, January 29, 2013

Presentasi Screen Android dengan Android Screencast

Hi guys!
Untuk artikel pertama di blog ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara menampilkan screen android dari device android kita kita ke layar komputer. Bisa dibilang melakukan presentasi dengan screen android. Hal ini cukup penting, apalagi jika mahasiswa yang ingin mempresentasikan tugas akhirnya yang berhubungan dengan android. Hanya membutuhkan android SDK, Java Runtime Environnement (JDK), dan sebuah satu file berukuran 1 kb! Berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan komputer/laptop sudah terinstall Java Runtime Environnement (JDK) 5 atau diatasnya.. Jika belum, silahkan download link berikut.
2. Download dan install Android SDK disini. Jika telah memiliki Android SDK, abaikan langkah ini.
3. Download file androidscreencast.jnlp disini dan letakkan file tersebut pada folder platform-tools pada Android SDK. Secara default, berada di path C:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools dan pastikan didalam folder tersebut terdapat file adb. Perhatikan gambar berikut :

4. Coloklah hape android anda, pastikan dalam mode USB debugging.
5. Bukalah aplikasi Command Prompt di komputer/laptop anda.
6. Ketik cd[spasi][path tempat diletakkannya file adb.exe dan androidscreencast.jnlp]. sebagai contoh, ketik cd C:\Program Files\Android\android-sdk\platform-tools dan tekan enter. Kemudian ketik dir/w lalu enter. Pastikan file adb.exe dan androidscreencast.jnlp tampil seperti gambar dibawah ini :
7. Masih di CMD, ketiklah adb devices dan enter. Pastikan ada satu device yang terkoneksi (lihat gambar) setelah itu, ketiklah javaws androidscreencast.jnlp kemudian enter.
8. Tunggu sesaat, ketika muncul kotak dialog Security Warning, centang I accept the risk and want to run this application, dan klik Run.
9. Tada, silahkan presentasikan screen android anda!

FITUR
1. Pengontrolan mouse dan keyboard hanya untuk hape yang sudah di root
2. Dapat dibuat Landscape, dengan melakukan klik kanan
3. Dapat merekam video
4. Terdapat file browser standar.  

MINUS
1. refresh rate sekitar 4-5 fps. Jadi ada jeda ketika kita melakukan aksi. Pergerakannya cukup lambat (nggak smooth)
2. Tidak ada mapping keycode (gak tahu nih maksudnya apa :D)  

KESIMPULAN
AndroidScreenCast adalah aplikasi berbasis jnlp untuk melalukan cast screen android dari hape android (device) ke komputer/laptop. Berguna untuk keperluan presentasi layar/screen android. Keterangan lengkap dan update bisa langsung ke situs resminya disini

Salam androidspekta!

3 comments:

  1. Blog baru bang.....


    Ane make screencast video recorder ga perlu komputer untuk rekam video....langsung di HH rekam video sama klo bikin screenshootki tpi bisa buat video

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Iya bang XD
      Oh, saya pernah pakai itu juga, tapi karena tidak kompatibel di hape saya jadinya agak sulit. But nice suggestion!

      Delete